Diduga Edarkan Ganja, WN Arab Saudi Diamankan di Lombok

Faruk Nickyrawi - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 22:51 WIB
WNA asal Arab Saudi di Lombok diamankan Polresta Mataram
WNA asal Arab Saudi di Lombok diamankan Polresta Mataram.
Mataram -

Salah seorang warga negara asing (WNA) berkebangsaan Arab Saudi diamankan tim Opsnal Polresta Mataram di salah satu rumah kos yang terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria berinisial ALS itu diduga menjadi pengedar ganja.

Pria yang berumur 31 tahun itu diamankan pada Selasa (2/6) sekitar pukul 23.00 Wita lalu, tepatnya di Kelurahan Cakranegara Timur, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

Sebelumnya, polisi memperoleh informasi dari masyarakat terkait aktivitas pelaku yang kerap menjadikan kosannya sebagai tempat untuk transaksi narkoba itu. Polisi pun berhasil melakukan penyelidikan dan mengamankan WNA tersebut.

"Dalam penangkapan itu, polisi menggeledah kos pelaku dan menemukan satu kresek hitam yang berisi ganja seberat 16,08 gram dan beberapa plastik yang berisi ganja dengan berat yang berbeda-beda, diantaranya ada yang 0,54 gram, 0,96 gram, 1,26 gram, dan 0,98 gram," kata Kasat Narkoba Polresta Mataram, AKP Elyas Ericson dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut, Wakapolresta Mataram AKBP Erwin Suwondo menyebut WNA itu sudah dua tahun tinggal di Kota Mataram dan mengedarkan ganja kepada WNA lainnya yang berada di Senggigi. Tak hanya mengedarkan ganja, dia juga merupakan pemakai narkoba.

"Pengakuannya sudah dua tahun tinggal di Mataram. Pelaku selama ini kerap mondar-mandir wilayah Senggigi. Dia edarkan narkoba untuk orang asing," ujarnya.


Saat ini, WNA tersebut sudah berada di Mapolresta Mataram untuk diselidiki lebih lanjut. Pelaku terancam Pasal 111 ayat (1), Pasal 112 ayat (1), dan Pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

(eva/eva)