Sita 6,9 Ton Narkoba dalam 6 Bulan, Kapolri: Kami Tak Segan Tindak Tegas Bandar!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 22:28 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis
Kapolri Jenderal Idham Azis (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan Polri berkomitmen memerangi peredaran gelap narkotika. Keseriusan Polri memberantas barang haram itu dibuktikan dengan data pengungkapan kasus selama Januari-Juni 2020, di mana pihaknya telah menyita 6,9 ton narkoba dari para sindikat di seluruh Indonesia.

"Selama enam bulan, total 6,9 ton narkotika yang digagalkan. Itu artinya sudah 27 juta masyarakat yang berhasil diselamatkan Polri dari bahaya narkoba," kata Idham dalam keterangan tertulis, Kamis (4/6/2020).

Idham menuturkan jajarannya telah berhasil mengungkap penyelundupan ratusan sabu dari jaringan narkoba internasional selama dua pekan berturut-turut. Pengungkapan besar pertama dilakukan di Serang, Banten, dengan barang bukti 821 kg sabu pada Sabtu (23/5) dan 402 kg sabu di Sukabumi, Jawa Barat, pada hari ini. Jika ditotal, barang bukti sabu yang disita kurang-lebih seberat 1,2 ton.

"Kalau tidak dicegah, berapa banyak generasi muda kita yang akan kena dampak narkoba," tutur Idham.

Idham kemudian menegaskan pihaknya terus fokus melakukan langkah-langkah pencegahan dalam rangka memberantas narkoba. Dia mengaku telah memerintahkan jajarannya menembak para mafia itu jika melakukan perlawanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2