Ini Kisah Babil, Bocah 6 SD yang Harus Rawat Ortu Sakit Seorang Diri

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 18:15 WIB
Babil (12), bocah 6 SD yang harus seorang diri berjuang rawat ortu sakit (M Taufiqqurrahman/detikcom)
Foto: Babil (12), bocah 6 SD yang harus seorang diri berjuang rawat ortu sakit (M Taufiqqurrahman/detikcom)
Takalar -

Jika anak-anak umur 12 tahun menghabiskan masa kecilnya untuk belajar dan bermain, maka hal yang dirasakan Babil (12), seorang anak perempuan di Kabupaten Takalar, Sulsel berbeda. Seorang diri, Babil selama bertahun-tahun harus merawat kedua orang tuanya yang sakit.

"Saya Babil, umur saya 12 tahun. Saya sendiri yang rawat orang tuaku semenjak sakit," kata Babil saat berbincang dengan detikcom, Kamis (4/6/2020).

Babil adalah anak tunggal dari Kamaluddin daeng Beta (39) dan Karannuang daeng Sunggu (40). Babil bercerita bahwa selama kedua orang tuanya sakit, dia sendirilah yang menjadi tulang punggung keluarganya.

"Saya kasih makan, kasih mandi, dan urusi semua keperluan orang tuaku," kata Babil dengan nada sedih.

Untuk urusan makanan, Babil mengaku berharap dari bantuan para tetangganya. Hal ini juga yang membuat Babil mengaku tidak enak dengan bantuan yang didapatkannya. Setiap harinya, Babil mengaku harus bangun pagi untuk memasak untuk kedua orang tuanya sebelum berangkat ke sekolah.

Babil (12), bocah 6 SD yang harus seorang diri berjuang rawat ortu sakit (M Taufiqqurrahman/detikcom)Babil (12), bocah 6 SD yang harus seorang diri berjuang rawat ortu sakit (M Taufiqqurrahman/detikcom)



"Ibuku sakit saat saya masih kelas 1 SD. Baru kemudian bapakku kena stroke 6 bulan lalu. Saya pulang sekolah tidak ke mana-mana, saya langsung pulang ke rumah, rawat orang tuaku," ungkapnya lirih.

Tonton juga video 'Pemerintah: Sejumlah Dokter-Petugas Terpapar Corona Gegara Lab Bocor:

Selanjutnya
Halaman
1 2