Dievaluasi Akhir Juni, Masa Transisi DKI Bisa Disetop di Tengah Jalan Jika...

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 13:34 WIB
Anies Baswedan
Foto: Anies Baswedan. (Andika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan masa transisi fase satu yang akan berakhir pada Juni 2020 akan dilakukan evaluasi. Indikator yang telah ditentukan dalam fase satu akan menjadi pertimbangan untuk menentukan langkah berikutnya.

"Ini semua adalah masa transisi di fase satu nanti di akhir Juni kita akan melakukan evaluasi apakah indikator-indikator tadi menunjukkan aman, bila aman kita bisa mulai dengan fase dua," kata Anies dalam dalam konferensi pers yang disiarkan langsung, Kamis (4/6/2020).

Anies menyebut bila dalam masa transisi membuat angka penularan Corona menjadi meningkat, Gugus Tugas akan menghentikan semua kebijakan pelonggaran itu. Segala aktivitas yang dilonggarkan akan kembali ditutup.

"Tapi bila di tengah jalan ada masalah, ini yang warna merah ini penanda bahwa gugus tugas bisa menghentikan masa transisi, kalau menghentikan artinya apa? semua ini kembali tutup. Perkantoran tutup, pertokoan tutup, rumah ibadah tutup, kegiatan-kegiatan yang dilonggarkan tutup bila di tengah jalan kita menemukan angka yang mengkhawatirkan," katanya.

Anies mengingatkan pentingnya menjaga kedisiplinan. Selama masa transisi fase satu itu diharapkan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan selama fase satu.

"Jadi penting sekali bagi kita semua untuk menjaga kedisiplinan itu. Lalu nanti akan saya sampaikan detail protokolnya dan semua yang saya sampaikan di sini akan disebarluaskan ke seluruh masyarakat agar bisa membaca detail rinci," pungkasnya.

Simak video 'Anies: Jakarta Masuk Masa Transisi Menuju Kota Aman Covid-19':

(fas/tor)