Round-Up

Simak! Catatan Anggota DPRD DKI Bila Anies Setop PSBB 4 Juni

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 21:02 WIB
Meski masih tersisa 2 hari lagi PSBB di DKI Jakarta yang akan segera berakhir, kondisi jalanan Ibu Kota sudah terlihat padat dan kembali Macet. Ini potretnya.
Foto: PSBB DKI Jakarta akan segera diakhiri (Rifkianto Nugroho)

Fraksi NasDem


Fraksi NasDem DKI Jakarta berharap PSBB tidak diperpanjang lagi, namun juga meminta Pemprov DKI untuk menegakkan aturan protokol kesehatan di tempat umum.


"Pertama masalah perekonomian ya, yang saya sangat concern. Dalam hal ini masalah mal yang akan segera dibuka, harus ada protokol COVID tentunya, pembatasan tamu, seluruh karyawan yang ada sudah dicek kesehatannya," kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Nova Harivan Paloh, Rabu (3/6/2020).

Namun sektor pendidikan dikecualikan. Nova meminta agar sektor pendidikan tetap ditutup dan dibuka kembali tahun depan. "Pendidikan untuk sementara waktu belajar di rumah menggunakan media online kalo kita liat tren menurun sampai akhir tahun baru boleh dibuka melalui protokol COVID," ujarnya.

Nova mengatakan Pemprov DKI tetap mengawasi wilayah-wilayah di Jakarta yang termasuk zona merah. Penanganan mulai dari bantuan sosial hingga dapur umum harus diterapkan.

"Meskipun pemda akan menerapkan pembatasan lokal saya rasa langkah yang baik untuk meinventarisir. Tapi ada beberapa masukan juga pertama tanggung jawab jangan hanya pada RT RW tapi langsung ke kelurahan setempat. Terus yang berada pada zona merah kelurahan wajib menyediakan dapur umum untuk konsumsi makanan ke warga yang terdampak," katanya.

Fraksi Partai NasDem juga mengusulkan agar Pemprov DKI tidak membuka tempat hiburan malam.

"Iya saya pikir jangan dulu dibuka," kata Nova.

Nova meminta Pemprov menyeleksi mana saja tempat yang bisa dibuka secara utuh tentunya di bawah pengawasan ketat dan mana tempat yang tetap ditutup.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5