TNI Jaga 56 Titik Keramaian di Banten Disiplinkan Masyarakat terkait Corona

M Iqbal - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 14:37 WIB
Kolonel Gumuruh Winardjatmiko
Kolonel Gumuruh Winardjatmiko (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Korem 064/Maulana Yusuf (MY), Banten, mengerahkan personel untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan menghadapi tatanan normal baru atau 'new normal' di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19). Ada 56 titik keramaian di Banten yang dijaga prajurit TNI.

Titik-titik keramaian itu mulai dari mal, pasar, hingga pelabuhan. Pola pendisiplinan tidak akan menggunakan otot, namun hanya berupa imbauan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dan mengabaikan jaga jarak aman.

"Bicara Banten kita ada kurang-lebih 56 titik keramaian ada 350 personel yang dikerahkan di semua kodim-kodim. Titik keramaian itu ada mal, pasar, kalau di sini ada pelabuhan, restoran, stasiun yang melibatkan masyarakat banyak," kata Danrem 064/MY, Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko, kepada wartawan di Cilegon, Rabu (3/6/2020).

Pola pendisiplinan itu dilakukan lantaran wilayah hukum Korem 064 Maulana Yusuf tidak ada yang memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Untuk itu, tindakan pendisiplinan hanya berupa imbauan.

"Kita karena bukan daerah PSBB hanya sebatas mengimbau jadi nanti satgas-satgas gabungan antara tentara, polisi, Satpol PP mengimbau kepada masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan, laksanakan aktivitas di titik-titik keramaian seperti biasa, namun dibatasi," ujarnya.

Selain titik keramaian, TNI mengerahkan Babinsa ke desa-desa untuk memberikan imbauan aman beraktivitas selama pandemi COVID-19 belum berakhir. Jaga jarak aman hingga memakai masker harus selalu ditaati oleh masyarakat.

"Kita akan mulai mengerahkan Babinsa ke desa-desa supaya dia bergantian lah, kalau ke pasar tuh jam-jamnya bisa diatur, pagi semua sehingga numpuk di satu titik," kata Gumuruh.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meminta TNI/Polri menurunkan personelnya di sejumlah tempat keramaian. Ini dilakukan sebagai gerakan pendisiplinan mencegah penyebaran virus Corona.

"Memastikan mulai hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri, pasukan untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB," kata Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5).

(elz/ear)