Dikira Biawak, Ternyata Anak Buaya Masuk ke Kamar Mandi Warga di Padang

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 14:03 WIB
Penemuan buaya di kamar mandi warga di Padang (Jeka Kampai-detikcom)
Foto: Penemuan buaya di kamar mandi warga di Padang (Jeka Kampai-detikcom)
Padang -

Seekor anak buaya ditemukan di kamar mandi rumah salah satu warga Padang, Hendri. Pria tersebut sempat menduga anak buaya itu adalah biawak.

"Saya pikir biawak, karena tidak mungkin tiba-tiba ada buaya. Di sini perumahan, tidak dekat sungai atau muara," kata Hendri kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Anak buaya itu ditemukan di Perumahan Pemda, Koto Lua, Padang, Sumatera Barat. Anak buaya muara tersebut ditemukan di dekat sumur.

"Namanya saja buaya muara. Habitatnya ya di Muara atau sepanjang garis pantai. Untuk itu akan kita lakukan pengecekan langsung di lapangan apakah buaya ini peliharaan atau tidak," kata Komandan Satgas BKSDA Sumbar, Joni Akbar.

Hewan tersebut ditangkap dan dievakuasi oleh warga yang kemudian melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran setempat. Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril, mengatakan proses menangkap anak buaya tersebut berlangsung selama 30 menit.

"Ada waktu setengah jam untuk melakukan evakuasi, warga khawatir apakah ada yang lainnya yang jelas ini kita amankan dulu," kata Basril.

Anak buaya sepanjang 80 cm itu diperkirakan berumur sekitar dua hingga tiga bulan itu. Hewan tersebut telah diserahkan kepada BKSDA.

(haf/haf)