3 Pilar Jakbar Bahas SOP di Tempat Keramaian Jelang Penerapan New Normal

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 21:07 WIB
3 Pilar Jakbar Bahas SOP di Tempat Keramaian Jelang Penerapan New Normal
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat, Polres Metro Jakarta Barat, dan Kodim Jakarta Barat melakukan pengkajian pengamanan menjelang dibukanya tempat-tempat keramaian dalam penerapan 'new normal'. Mal hingga terminal akan disiapkan standard operating procedure (SOP) protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan COVID-19.

"Jika nanti tempat keramaian ini mulai dibuka kembali setidaknya kita sudah menyiapkan SOP masing-masing objek berupa di tempat keramaian seperti mal dan terminal bus," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru, dalam keterangannya, Selasa (2/6/2020).

Pengkajian SOP Protokol kesehatan itu dibahas dalam forum group discussion (FGD) di Gedung Sitti Maryam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, siang tadi. Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi juga turut hadir.

"Jadi nanti di setiap tempat keramaian kita menyiapkan konsep protokol kesehatan," ungkap Audie.


Audie menambahkan SOP ini diperlukan untuk menyamakan persepsi dalam penerapan di lapangan. Jadi, para petugas sudah memahami tugas masing-masing ketika menangani suatu masalah di masa pandemi Corona (COVID-19) ini.

"Misalnya, jika seandainya ditemukan seseorang yang diindikasikan terpapar wabah virus COVID-19 para petugas atau pihak tempat keramaian ini mengerti bagaimana tindakan dan langkah awal dalam menangani hal tersebut," tutur Audie.

Lebih lanjut, Audie mengatakan pihaknya bersama instansi terkait akan melakukan simulasi terlebih dahulu terkait penerapan 'new normal' ini.

Audie memastikan pihaknya akan diturunkan untuk melakukan pengamanan di lapangan saat penerapan 'new normal' diberlakukan.

"Sudah pasti, semua tempat keramaian, mal, pusat perbelanjaan akan kita tempatkan personel TNI-Polri," tandas Audie.

(isa/mea)