Selain Indonesia, Singapura Lebih Dulu Batalkan Keberangkatan Haji 2020

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 14:38 WIB
Ilustrasi haji
Ilustrasi haji (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Singapura ternyata lebih dahulu mengumumkan terkait penundaan pemberangkatan calon jemaah haji tahun 2020. Penundaan ini diputuskan oleh Dewan Agama Islam Singapura (Muis).

Dewan Agama Islam Singapura (Muis) memutuskan penundaan itu pada Mei 2020. Pemerintah Singapura mencatat ada 900 calon jemaah Singapura yang terdaftar untuk pemberangkatan haji tahun 2020.

Mereka yang batal berangkat otomatis akan dijadwalkan ulang untuk pemberangkatan pada 2021. Menteri Urusan Muslim Singapura Masagos Zulkifli mengatakan keputusan menunda haji dibuat secara independen.

"Dan karena pertimbangan untuk kebutuhan para jemaah kami, dan keselamatan jemaah kami, dalam konteks yang memberikan pelayanan terbaik Singapura," kata Masagos dalam konferensi pers seperti dilansir Straits Times, Jumat (15/5).

Muis menjelaskan keputusan membatalkan pemberangkatan haji tahun 2020 ini berdasarkan hasil keputusan rapat Komite Fatwa Muis. Komite Ulama Muis berpendapat keputusan ini dibuat karena prihatin kondisi dunia yang sedang menghadapi pandemi Corona (COVID-19).

"Kami memiliki keyakinan penuh dalam manajemen pandemi Arab Saudi, dan bahwa langkah-langkah yang tepat akan diberlakukan jika haji dilanjutkan. Namun Singapura memiliki pertimbangan sendiri untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan jemaah Singapura," kata Muis.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2