Pernyataan Lengkap Menag soal Pembatalan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji 2020

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 11:44 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi
Menag Fachrul Razi (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi mengumumkan pembatalan keberangkatan haji tahun 2020. Menteri Agama Fachrul Razi menyebut penyebaran virus Corona yang tak kunjung usai menjadi salah satu alasan pembatalan ziarah ke Tanah Suci itu.

"Berdasarkan kenyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah ini," ujar Fachrul seperti disiarkan dalam akun YouTube Kemenag, Selasa (2/6/2020).

Menag menjelaskan salah satu alasan pembatalan karena wabah virus Corona yang tak kunjung selesai. Menag menyebut aspek kesehatan adalah hal yang harus diutamakan.



"Karena pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia dapat mengancam keselamatan jemaah. Agama mengajarkan, menjaga jiwa adalah hal yang harus diutamakan," katanya.

Selain itu, pembatalan dilakukan karena tak adanya kepastian dari pihak Arab Saudi. Fachrul mengatakan hal tersebut membuat Indonesia tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan keberangkatan haji.

"Pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," kata Fachrul.



Berikut pernyataan lengkap Menteri Agama, Fachrul Razi:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3