CFD Ditiadakan di Tengah Pandemi Corona, Warga Tetap Padati Bundaran HI

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 07:50 WIB
Aktivitas warga di Bundaran HI saat PSBB
Foto: Aktivitas warga olahraga di Bundaran HI saat PSBB (dok.detikcom)
Jakarta -

Warga Ibu Kota tetap memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat meski car free day (CFD) ditiadakan di tengah pandemi virus Corona. Mayoritas adalah pesepeda dan pelari.

Pantauan detikcom, Minggu (31/5/2020), pukul 07.00 WIB, warga ramai berhenti di trotoar Bundaran HI. Ada juga yang duduk-duduk di sekitar pancuran air. Namun, pukul 07.30 WIB terlihat pihak Satpol PP mulai membersihkan daerah sekitar air mancur dari warga yang berkerumun.

Mereka yang berada di Bundaran HI umumnya adalah pesepeda yang sengaja singgah untuk beristirahat atau sekadar mengabadikan momen. Banyak warga yang berolahraga mengajak teman maupun keluarga.

Tidak hanya pesepeda, beberapa pelari juga melintasi kawasan Bundaran HI. Namun jumlahnya tak sebanyak para pesepeda.

Warga terpantau tetap menggunakan masker meski beberapa terlihat masih berkerumun. Petugas TNI terlihat berjaga di titik tertentu.

Seorang warga bernama Wardi (50) mengaku tidak takut bersepeda meski tengah dalam situasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia sudah biasa mengayuh sepedanya dari kawasan Pancoran, Jakarta Selatan sejak sebelum adanya pandemi ini.

"Ya biasa aja, aman-aman aja kayaknya. Saya berdua aja ini, biasanya banyak, ini yang lain belum pada siap kali," kata Wardi saat dijumpai di kawasan Bundaran HI, Minggu (31/5).

Seperti diketahui, aktivitas CFD ditiadakan selama PSBB. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemutusan rantai virus Corona.

(lir/lir)