Pasar Hewan Jatinegara Masih Dipadati Warga, Imbauan Jaga Jarak Diabaikan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 15:26 WIB
Suasana di Pasar Hewan Jatinegara Jakarta Timur
Suasana di Pasar Hewan Jatinegara, Jakarta Timur (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Siang ini kondisi di pasar hewan di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, cukup ramai dipenuhi warga. Para pengunjung tidak mematuhi imbauan protokol kesehatan penanganan virus Corona (COVID-19) dengan baik.

Pantauan detikcom, Sabtu (30/5/2020), pukul 14.10 WIB, kepadatan mulai terlihat di sepanjang trotoar Jalan Matraman Raya. Puluhan motor diparkir di sepanjang trotoar tersebut. Berbagai macam pedagang hewan juga terlihat menempati sudut-sudut trotoar.

Masuk ke dalam area pasar, kondisi menjadi lebih padat. Sepanjang kanan-kiri jalan ditempati para pedagang yang menjual berbagai macam jenis hewan. Kendaraan bermotor juga berlalu lalang di dalam pasar.

Suasana di Pasar Hewan Jatinegara Jakarta TimurSuasana di Pasar Hewan Jatinegara, Jakarta Timur (Foto: dok. detikcom)

Banyak warga yang menggunakan masker. Namun tidak sedikit pula warga yang menggunakan masker dengan cara yang belum tepat, yaitu belum menutupi area hidung dan mulut. Beberapa warga di area dalam pasar juga masih terlihat ada yang tidak menggunakan masker sama sekali.

Ketentuan jaga jarak atau physical distancing juga tidak terlihat terlaksana dengan baik di Pasar Hewan Jatinegara. Hal tersebut terlihat pada salah satu toko yang menjual ikan hias di dalam area pasar. Pengunjung terlihat berdesakan melakukan transaksi jual-beli dengan pedagang.

Di lokasi, banyak juga orang tua yang membawa anak mereka yang masih kecil. Meski mayoritas anak tersebut dibekali oleh masker, beberapa anak terlihat tidak menggunakan maskernya.

Suasana di Pasar Hewan Jatinegara Jakarta TimurSuasana di Pasar Hewan Jatinegara Jakarta Timur (Foto: dok. detikcom)

PSBB di Jakarta sendiri diketahui akan berakhir pada 4 Juni Mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan yang menentukan apakah PSBB diperpanjang atau tidak adalah perilaku masyarakat itu sendiri.

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu bukan, sebenarnya bukan pemerintah, bukan para ahli. Yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucap Anies di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5).

(hri/hri)