Rekam Jejak Dirut TVRI Iman Br Disorot, Anggota DPR: Waktunya Buktikan Mampu

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 08:21 WIB
Gedung DPR
Foto: Gedung DPR RI (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Farhan menyoroti kisruh dicopotnya Helmy Yahya hingga penunjukan Iman Brotoseno (Iman Br) menjadi Direktur Utama (Dirut) TVRI. Farhan menilai adanya politisasi di dalam tubuh TVRI.

"Sejak pemecatan HY sebagai Dirut TVRI, masalah di LPP TVRI telah menimbulkan perdebatan antar-fraksi di Komisi I, jadi tampaknya memang ada desain untuk mempolitisir TVRI," kata Farhan kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Menurut Farhan, TVRI di bawah kepemimpinan Helmy Yahya berjalan dengan baik. Namun, saat ini menurut Farhan prestasi TVRI menurun dan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI harus mempertanggungjawabkan itu.

"Maka saya kira kita di DPR RI sebaiknya fokus ke Dewan Pengawas, kenapa TVRI yang sudah bagus saat HY jadi Dirut beserta Direksinya, malah ketika diganti Dirut dan Direksinya malah menimbulkan polemik, kegaduhan dan perdebatan yang tidak produktif! Bahkan sekarang TVRI berada di urutan terahir dari 15 TV nasional dalam angka sharing penonton? Dewan Pengawas harus mempertanggungjawabkan itu," ujar Farhan.

Sorotan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) yang menilai penetapan Iman Br menjadi Dirut TVRI tidak sesuai dengan Tap MPR Nomor VI/MPR/2001 Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa karena Iman Br pernah menjadi kontributor majalah Playboy Indonesia sebagai bentuk kekanak-kanakan. Menurut Farhan, saat ini waktunya Iman Br menunjukkan kemampuannya.

"Buat saya childish kalau kita menilai performa kerja seseorang hanya dari jejak digitalnya, apalagi kebanyakan nadanya bergurau! Bahwa sekarang jejak digital Iman Br diserang, itu adalah konsekuensi menerima jabatan publik. Waktunya sekarang Iman Br membuktikan dia mampu lebih baik daripada HY dan direksinya yang digantikan," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2