Pemkot Bogor Minta Pihak Mal Beri Jaminan Lindungi Pengunjung Saat New Normal

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 13:16 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim
Wawalkot Bogor Dedie A Rachim (Farhan/detikcom)
Bogor -

Pemkot Bogor akan meminta jaminan dari pengelola mal terkait perlindungan warga yang berbelanja jika nantinya tatanan normal baru atau 'new normal' saat pandemi Corona diterapkan. Pemkot Bogor menginginkan warga tetap aman dari virus Corona (COVID-19).

"Jadi memang banyak yang harus dipikirkan. Kita (di) 'new normal' tidak serta-merta buka begitu saja, nggak. Kita harus meminta kepastian dan jaminan dari pengelola. Pemerintah meminta jaminan dari pusat perdagangan dan mal bahwa yang masuk atau yang belanja terlindungi," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, ketika dihubungi, Jumat (29/5/2020).

Dedie menjelaskan mal-mal tidak akan langsung serentak beroperasi ketika 'new normal'. Bila Pemkot Bogor tidak melihat ada keseriusan dari pengelola mal untuk melindungi pengunjung, pusat pembelanjaan tersebut tidak diizinkan beroperasi. Dia mengatakan sosialisasi kepada pihak pengelola mal pun terus dilakukan.

"Kan nanti mereka harus berkoordinasi dengan dinas perdagangan kan, Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan). Karena kita harus mengantisipasi, meskipun belum bisa dibilang besok akan dibuka atau setelah PSBB buka, yang pasti tetapi kami harus diyakinkan, pemerintah harus diyakinkan bahwa para pengelola, para manajemen pusat perdagangan ini bisa melindungi warga yang belanja atau masuk ke dalam mal," ucap dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2