Sumbar Lanjutkan PSBB Tahap III hingga 7 juni, Kecuali Bukittinggi

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 18:57 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayahnya untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). PSBB yang kini masuk tahap III itu akan berlangsung hingga 7 Juni mendatang.

"Kami sampai pada kesimpulan untuk melanjutkan PSBB. Tapi PSBB kali ini hanya di 18 daerah, kecuali Bukittinggi. Kota Bukittinggi sudah tidak melanjutkan PSBB karena sudah siap menerapkan skenario new normal," kata Gubernur Irwan Prayitno kepada wartawan seusai pertemuan virtual dengan seluruh bupati dan wali kota, Kamis (28/5/2020).

Irwan kemudian mengatakan khusus Bukittinggi diizinkan melanjutkan tahapan skenario kehidupan normal yang baru atau new normal. Ia menjelaskan salah satu alasan perpanjangan PSBB di Sumbar adalah reproduction number kasus Corona di di wilayahnya hari ini berada di angka 1,06. Karena reproduction number kasus Corona masih di atas angka 1, belum memenuhi syarat untuk new normal.

"Secara provinsi, RT kita masih di atas 1. Kalau beberapa kabupaten/kota memang ada yang sudah berada di bawah 1," jelas dia.

Irwan menambahkan ada empat penekanan yang dilakukan dalam perpanjangan PSBB kali ini. Penekanan pertama adalah melakukan persiapan dan pelaksanaan tahap-tahap menuju new normal dengan melakukan pengurangan pembatasan-pembatasan selama PSBB.

Selanjutnya
Halaman
1 2