H+4 Lebaran, 1.023 Kendaraan Menuju Jakarta Diputar Balik di Tol Karawang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 14:26 WIB
Petugas gabungan terus memperketat penjagaan kendaraan saat arus balik di Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Bagi pengendara atau pemudik yang kedapatan tak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM), mereka akan dipaksa putar balik di Km 47 menuju exit tol Karawang Barat.
Kendaraan di Km 47 Diputar Balik (Foto: 20detik)
Jakarta -

Polres Karawang telah memutar balik sejumlah kendaraan yang menuju Jakarta via Jalan Tol Karawang Km 47. Pada H+4 Lebaran atau Kamis (28/5), sudah 1.023 kendaraan ke Jakarta yang diputar balik.

"Jumlah total kendaraan diputarbalikkan sebanyak 1.023 kendaraan," kata Kapolres Karawang, AKBP Arif Rachman Arifin, saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Arif menyebut sebanyak 824 kendaraan diputar balik pada 27 Mei, sedangkan 199 lainnya didata hingga pagi ini.

"Total 993 kendaraan pribadi, 20 kendaraan Elf, dan 10 kendaraan bus diputar balik dari kemarin hingga pagi ini," ucapnya.

Jika dijumlahkan sejak hari pertama operasi penyekatan arus balik, total sudah 2.434 kendaraan yang mengarah ke Jakarta diputar balik menuju GT Karawang Barat. Arif menyebut seluruh kendaraan tersebut tidak bisa menunjukkan SIKM.

"Mereka tidak ada SIKM, kita keluarkan di Karawang Barat," ucapnya.

Arif mengatakan kegiatan putar balik ini dilakukan oleh pihak kepolisian bersama instansi terkait lainnya.

"Diputar baliknya kerja sama dengan Satpol PP DKI, Dishub Provinsi Jabar, Ditjen Perhubungan Darat, Kodim Karawang, Subdenpom Karawang, dan Ditlantas Polda Jabar," ungkapnya.

Simak video 'Sejak Semalam, 199 Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Tol Japek!':

(maa/mea)