Irjen Iqbal Datangi TGB untuk Pelajari Karakter NTB

Faruk Nickyrawi - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 19:16 WIB
Kapolda NTB Irjen M Iqbal menemui TGB Zainul Majdi (dok. Istimewa)
Foto: Kapolda NTB Irjen M Iqbal menemui TGB Zainul Majdi (dok. Istimewa)
Mataram -

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal mendatangi TGH Muhammad Zainul Majdi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB). Dalam kunjungannya ini, Iqbal hendak belajar soal karakter NTB.

"Mohon saya dianggap sebagai saudara, sekaligus mohon informasi dan masukan-masukan untuk lebih optimalnya kami dalam melaksanakan tugas di NTB," kata Iqbal kepada TGB, Rabu (27/5/2020).

Iqbal juga mengungkapkan TGB merupakan salah satu sosok idolanya dalam hal public speaking. "Pak TGB merupakan idola saya karena ilmunya di bidang public speaking, karena memiliki kesamaan dengan saya sebagai mantan Kadiv Humas Polri," tutur dia.

Sementara itu, TGB mengatakan pertemuannya dengan Iqbal merupakan yang kedua kalinya. Pertama kali dia bertemu dengan Iqbal adalah saat Mendagri Tito Karnavian, yang saat itu masih menjabat Kapolri, melakukan kunjungan kerja ke lokasi gempa NTB beberapa tahun lalu.

(dok. Istimewa)

"Saya bersyukur bisa jumpa yang kedua kalinya, setelah sebelumnya pernah ketemu dan hadir bersama Kapolri (mantan Kapolri Jenderal [Purnawirawan] Tito Karnavian) dan Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) saat kunjungan gempa bumi di NTB beberapa tahun lalu," ucap TGB.

TGB menuturkan kepada Iqbal, warga NTB diajari dan diberi wasiat oleh para guru serta sesepuh untuk memajukan negara. "Itu adalah wasiat guru-guru kami. Bekerjalah untuk negara Indonesia," ujar dia.

TGB menyatakan siap mendukung kinerja kepolisian. Dia juga menuturkan pihak pesantren juga memerlukan dukungan dan nasihat dari kepolisian.

Foto: Kapolda NTB mengunjungi TGB KH L Gede Muhammad Zainuddin Atsani (dok. Polda NTB)

"Dan kami siap mendukung kinerja Polri. Kami yang di pesantren juga perlu dukungan dan nasihat. Dan saya sampaikan penghargaan kepada teman-teman kepolisian atas kinerja Polri," ungkap TGB.

Dalam hari yang sama, Iqbal juga melanjutkan silaturahmi ke TGB KH L Gede Muhammad Zainuddin Atsani. Dalam kesempatan silaturahmi ke pimpinan organisasi Islam Kemasyarakatan di NTB ini, Iqbal meminta saran agar wilayah NTB tetap kondusif.

Rombongan Kapolda NTB disambut juga oleh TGH L Gede Muhammad Khairul Fatihin dan Ummi Rois'am Dewan Muhtasyar Ummuna Hj Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Majid.

"Mohon bimbingan arahan dan saran sehingga dapat mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di wilayah NTB guna dapat mendukung pembangunan NTB yang gemilang," tuturnya.

(aud/aud)