Mahfud Md: Rata-rata Per Hari 17 Orang di RI Meninggal karena Corona

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 18:46 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Foto: dok. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Jakarta -

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut rata-rata kematian per hari karena Corona sebanyak 17 orang. Dia mendasarkan pernyataannya itu pada data per Januari sampai April 2020.

"Saya katakan, di Indonesia itu orang mati setiap hari itu 4.884 orang. Rata-rata setiap hari yang mati karena Corona dari 1 Januari (2020) sampai akhir April (2020) itu 131 hari, itu sehari rata-rata cuma 17 (orang)," kata Mahfud saat halalbihalal virtual bersama keluarga besar Universitas Sebelas Maret yang disiarkan langsung di YouTube Universitas Sebelas Maret, seperti dilihat detikcom, Selasa (26/5/2020).

Mahfud mengatakan angka kematian karena kecelakaan lalu lintas sembilan kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kematian karena Corona. Dia juga mengatakan angka kematian Corona di dunia lebih rendah jumlahnya dibanding dengan kematian karena diare.

"Angka mati karena kecelakaan lalu lintas itu sembilan kali lebih banyak dari Corona. Berkali-kali orang lebih banyak mati karena AIDS dan karena diare. Kalau di dunia itu yang mati karena diare selama 131 hari itu sebanyak 560 ribu, yang mati karena Corona itu cuma 280 ribu. Yang mati karena kanker itu 3 juta orang di luar Corona," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2