RSUP dr J Leimena Ambon Beroperasi Besok, Paramedis Akan Jalani Rapid Test

Muslimin Abbas - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 17:50 WIB
RSUP dr Johannes Leimena akan difungsikan khusus penanganan pasien COVID-19 pada 26 Mei 2020 (Muslimin Abbas/detikcom)
Foto: RSUP dr Johannes Leimena akan difungsikan khusus penanganan pasien COVID-19 pada 26 Mei 2020 (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

RSUP dr Johannes Leimena merupakan rumah sakit yang difungsikan khusus menangani kasus Corona (COVID-19) di Ambon. Rumah sakit ini akan mulai beroperasi menangani pasien Corona Rabu (27/5) besok.

Sebelum menangani pasien Corona, pihak rumah sakit mewajibkan seluruh tenaga kesehatan dan staf rumah sakit mengikuti rapid test. Sebanyak 28 tenaga kesehatan telah menjalani rapid test yang diselenggarakan hari ini.

"Operasional besok. Saat ini kita mendapatkan 28 orang petugas yang akan ditugaskan besok, semuanya petugas wajib rapid test," Kata Direktur RSUP dr J Leimenna, Celestinus E Munthe kepada wartawan, Selasa (26/5/2020).

Celestinus mengatakan pihak rumah sakit juga menyediakan fasilitas untuk tenaga kesehatan yang bertugas. Sebanyak 20 kamar disiapkan agar petugas bisa beristirahat.

"Fasilitas yang sediakan saat ini sesuaikan tenaga medis yang ada kita menyiapkan sekitar 20 kamar tidur awalnya," katanya.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, pihak rumah sakit nantinya tidak akan mengizinkan keluarga pasien untuk datang menjenguk pasien yang di rawat.

"Sistemnya akan ketat sama dengan rumah sakit COVID lainnya, tidak ada keluarga yang berkunjung," ucapnya.

Data yang terima dari Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Maluku update sampai dengan 26 Mei 2020 pukul 12.00 WIT kasus terkonfirmasi ada 170 jiwa, sembuh 27 orang, dan meninggal 7 orang.

Sebelumnya, RSUP dr Johannes Leimena rencananya mulai difungsikan sebagai rumah sakit khusus penanganan pasien COVID-19 pada 26 Mei 2020. Sebanyak 120 tenaga kesehatan dari berbagai RS pemerintah dan RS TNI/Polri serta rumah sakit swasta akan bertugas di RSUP dr Johannes Leimena.

"Dalam rangka meringankan beban pelayanan kesehatan di rumah sakit yang di sekitar kita. Kami berusaha untuk berkontribusi dengan bantuan dari Dinkes Maluku dan Kota dalam hal ini sangat besar dukung dari pemda provinsi untuk mengoperasikan RSUP dr Johannes Leimena," kata Celestinus E Munte, di lobi kantor Gubernur Maluku, Rabu (20/5).

(zap/jbr)