Mahfud Md: New Normal Masih Wacana Belum Ada Keputusan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 17:04 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Mahfud Md (Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Meko Polhukam) Mahfud Md mengatakan kebiasaan baru atau new normal yang sedang digaungkan saat ini masih menjadi wacana. Dia menyebut belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkait hal tersebut.

"Sekarang ini pemerintah ada wacana belum keputusan, belum keputusan, wacana bagaimana tentang new normal itu," kata Mahfud saat halalbihalal virtual bersama keluarga besar Universitas Sebelas Maret yang disiarkan langsung di YouTube Universitas Sebelas Maret, Seperti dilihat detikcom, Selasa (26/5/2020).

Mahfud menuturkan, pemerintah sudah melakukan perhitungan penurunan jumlah kasus Corona melalui beberapa permodelan yang diajukan dalam sidang kabinet. Dari beberapa metode tersebut ditemukan adanya penurunan.

"Oleh sebab itu, ada model-model perhitungan, pemodelan matematis di dalam sidang kabinet, itu ada tiga sumber. Metode begini gimana, metode ini gimana, metode yang satu diajukan oleh Menteri Perekonomian yang satu diajukan oleh ketua Bappenas, kemudian ada yang satu oleh KSP, Ini metode ketemu semua, oh ini ada penurunan," tuturnya.

"Kalau ada pembatasan gerakan misalnya, Jakarta pembatasan gerakan. Tapi semuanya bisa dihitung sekarang, Jakarta sudah 0,9. Ada sembilan provinsi di bawah 1, ini lumayan bagus. Tapi ada yang tinggi sekali di Gorontalo di Jawa timur dan macam-macam itu ada hitungannya," sambungnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2