Rapat Bareng Pemprov, DPRD Sumut Singgung Ricuh Pasar Murah Saat Pandemi

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 15:17 WIB
Rapat DPRD Sumut bersama Pemprov (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Rapat DPRD Sumut bersama Pemprov (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Pansus COVID-19 DPRD Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat bersama Pemprov Sumut. Dalam rapat tersebut, pansus menyinggung soal pelaksanaan pasar murah yang dinilai tak melaksanakan pembatasan jarak fisik meski digelar di tengah pandemi Corona.

Rapat digelar di Gedung DPRD Sumut, Medan, Selasa (26/5/2020). Wagub Sumut, Musa Rajekshah (Ijeck), terlihat hadir dalam rapat ini.

"Bagaimana sikap dan evaluasi tentang ricuhnya pelaksanaan pasar murah yang tidak melaksanakan physical distancing?" kata Ketua Pansus COVID-19 DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari, saat membuka rapat.

Akbar juga mempertanyakan langkah Pemprov Sumut dalam menangani penyebaran COVID-19. Dia juga mempertanyakan soal realisasi anggaran untuk petugas medis yang menangani COVID-19.

"Adakah pembatasan aktivitas masyarakat untuk menekan laju COVID-19?. Kemudian alokasi dan realisasi anggaran pemenuhan kebetuhan alat pelindung diri untuk tenaga medis yang menangani kasus COVID-19," ujarnya.

Kebijakan Pemprov Sumut dalam menjaga iklim usaha tetap bertahan di tengah pandemi juga dipertanyakan. "Adakah strategi kebijakan yang diambil Pemerintah Provinsi menjaga iklim usaha tetap hidup di Sumatera Utara?" ucap Akbar.

Wagub Ijeck kemudian menjelaskan masalah terkait pasar murah yang dipertanyakan Akbar. Dia mengatakan dirinya telah menegur dinas terkait dan telah dilakukan perbaikan.

"Mengenai pasar murah itu betul adanya, itu hanya terjadi di Jalan Pancing. Kami langsung menegur itu ke Kadis Koperasi. Besoknya sudah diperbaiki, mereka sudah mengatur jarak. Akan kami laksanakan lebih baik ke depan," kata Ijeck.

Sebelumnya, warga memang sempat berkerumun saat berada di pasar murah yang digelar di Gedung Serbaguna, Pancing, Medan, Senin (18/5). Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sumut kemudian menutup sementara Pasar Murah Sembako di Gedung Serbaguna Jalan Pancing Medan, Selasa (19/5).

Pihaknya melakukan evaluasi terkait membludaknya warga yang datang sehingga sulit dilakukan penegakan protokol kesehatan. Pasar murah itu sendiri rencananya digelar pada Minggu (17/5) hingga Kamis (21/5).

Selain di Pancing, pasar murah juga digelar di Gedung Eks Bandara Polonia, Batalyon Zeni Tempur 1 dan Rumah Dinas Wali Kota Binjai. Pasar murah di lokasi lainnya tetap berlanjut sesuai jadwal yang ditentukan.

(haf/haf)