Sebabkan Macet, Parkir Liar di Sekitar Kantor Balai Kota Makassar Ditertibkan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 13:23 WIB
Parkir liar di sekitar Balai Kota Makassar ditertibkan
Parkir liar di sekitar Balai Kota Makassar ditertibkan. (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar -

Area parkir liar di sekitar Balai Kota Makassar hari ini kembali ditertibkan. Pegawai diminta memarkirkan kendaraannya di Lapangan Karebosi dan Museum Kota.

Penertiban parkir liar dilakukan personel Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan PD Parkir Makassar di lokasi parkir di Jalan Slamet Riadi dan Jalan Balai Kota, Selasa (26/5/2020). Tampak mobil yang bannya dicopot lantaran diparkir di pinggir jalan.

"Lokasi parkir di sekitar Balai Kota ini terus menjadi masalah dan menyebabkan kemacetan, untuk itu harus ditertibkan," ujar Direktur Operasional PD Parkir Makassar Raya Susuman Halim di lokasi.

Pria yang akrab disapa Sugali itu menyebut pihaknya juga menindaklanjuti Surat Edaran Wali Kota No.550/194/S.Edar/Dishub/V/2020 tentang Sosialisasi pengawasan, penindakan dan Pengaturan Area Parkir Balai Kota. Nantinya, lokasi parkir di dalam Balai Kota Makassar dikhususkan untuk warga yang hendak berkunjung ke Balai Kota.

Parkir liar di sekitar Balai Kota Makassar ditertibkanParkir liar di sekitar Balai Kota Makassar ditertibkan. (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)

"Untuk jalanan di sisi kiri dan kanan kantor Wali Kota itu harus steril agar akses lalu lintas itu bisa lancar," tegasnya.

Selain untuk warga, kawasan parkir di Balai Kota Makassar disediakan untuk pejabat eselon. Sedangkan pegawai Pemkot Makassar yang membawa kendaraan roda 4 diarahkan untuk memarkirkan kendaraannya di Lapangan Karebosi.

"Kami dari perusahaan PD Parkir menawarkan ke seluruh pegawai Pemkot Makassar agar berlangganan parkir di lahan parkir kami di Karebosi. Jadi mereka berlangganan dan parkir di Karebosi kemudian kami dari PD Parkir menyiapkan valet atau menyiapkan kendaraan untuk mengangkut mereka dari Karebosi ke kantor," papar Susuman.

Sementara itu, pegawai Pemkot Makassar yang membawa kendaraan roda dua diminta memarkirkannya di Museum Kota Makassar. PD Parkir menyiapkan lahan untuk menampung 1.000 motor di lokasi tersebut.

"Jadi jalanan sekitar Balai Kota sudah harus steril dari parkir, kami minta kepada Dinas Perhubungan agar segera memasang tanda larang parkir. Kalau masih ada yang parkir langsung digembok," ujarnya.

(nvl/elz)