Anies soal PSBB Penghabisan di Jakarta: Tergantung Angka Epidemiologi

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 09:31 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan dilanjutkan. Ini disebutnya akan jadi PSBB terakhir. Apakah PSBB yang masih berlaku ini menjadi penghabisan?

"Kami berkepentingan semua masyarakat untuk menaati secara disiplin sehingga pada saat siklus 14 hari terakhir perpanjangan PSBB, tidak perlu diperpanjang. PSBB di Jakarta berakhir tanggal 4 Juni. Apa harus diperpanjang atau penghabisan, tergantung angka epidemiologi yang ada," ujar Anies di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020).

Angka-angka epidemiologi terkait kasus virus Corona (COVID-19) akan menentukan apakah PSBB di Jakarta akan dikumpulkan hingga akhir pekan ini. Anies menegaskan yang menentukan apakah PSBB diperpanjang adalah perilaku masyarakat itu sendiri.

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu bukan, sebenarnya bukan pemerintah bukan parah ahli yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucap Anies.

PSBB di Jakarta sebelumnya diperpanjang hingga 4 Juni 2020. Ini merupakan perpanjangan kedua PSBB.

"Pemprov DKI Jakarta, Gugus Tugas DKI Jakarta menyampaikan kepada seluruh masyarakat, Jakarta akan menambah PSBB selama 14 hari mulai tanggal 22 Mei sampai 4 Juni," ujar Anies dalam siaran Facebook Pemprov DKI Jakarta, Selasa (18/5).

(dkp/elz)