Minta Golok, Pria Gangguan Jiwa di Lampung Bacok Ibu hingga Tewas

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 21:14 WIB
Ilustrasi garis polisi dilarang melintas
Ilustrasi garis polisi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap seorang pria yang membacok ibu kandung hingga tewas. Pria bernama Abdul Muid (28) itu diduga mengalami gangguan jiwa.

"Pelaku yang merupakan anak kandung korban (mengalami gangguan jiwa) menanyakan golok ke korban dan dijawab ada di dapur tapi tidak tajam. Kemudian pelaku mengambil golok dan langsung membacok korban yang sedang nonton TV di bagian leher sebelah kiri," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Senin (25/5/2020).

Peristiwa ini terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB di Dusun III, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Mataram Baru, Kabupaten Lampung Timur. Setelah dibacok, korban bernama Umi Kholsum (58) langsung berteriak. Anaknya yang lain, Muhajir lalu keluar kamar menolong korban. Muhajir juga sempat mengejar Abdul Muid.

Setelah mendapat laporan, Tim Tekab 308 Polsek Mataram bersama warga mengejar dan menangkap pelaku. Polisi juga turut mengamankan sebilah golok bergagang kayu serta pakaian korban dan tersangka yang berlumur darah.

Berdasarkan keterangan dari masyarakat dan Kepala UPTD Mataram Baru, diduga tersangka mengalami gangguan kejiwaan. Rencananya pelaku akan dibawa ke RS jiwa pada Selasa (26/5) besok. Jika pelaku benar mengalami gangguan jiwa, kasus akan disetop.

"Untuk pelaku saat mau dibawa ke RSJ Kurungan Nyawa Kabupaten Pesawaran, untuk dilakukan observasi selama 14 hari untuk mengetahui kebenaran gangguan jiwanya. Apabila terbukti mengalami gangguan jiwa diberikan kartu kuning dan langsung diobati di RS tersebut dan kasus SP3. Namun apabila tidak terbukti gangguan jiwa maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku," ungkap Pandra.

(jbr/gbr)