Pemprov DKI Siagakan 2.500 Personel Kebersihan di Malam Takbiran

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 22:58 WIB
Seorang petugas kebersihan Jakarta membawa serta anaknya menarik gerobak untuk membersihkan sampah di Jakarta, Senin (15/04/2014). Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengkaji untuk menaikan upah bagi para petugas kebersihan. Grandyos Zafna/detikcom. File/detikFoto.
Foto ilustrasi petugas kebersihan DKI: Grandyos Zafna

Selain itu, Andono mengatakan sejak h-4 pengemudi truk sampah juga telah diinstruksikan untuk melakukan pengosongan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta. Strategi ini, kata Andono, dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hari H dan H+1 Lebaran.

Hal ini agar kondisi lingkungan sekitar TPS tetap nyaman, tidak berbau menyengat, serta menghindari berkembangnya penyakit. Dari catatan Dinas LH DKI timbangan sampah di TPST Bantargebang mengalami penurunan semenjak diberlakukannya work from home (WFH).

"Berdasarkan data timbangan sampah di TPST Bantargebang, tercatat sampah yang dikirim ke sana sebelum kebijakan Work From Home (WFH), periode 1-15 Maret 2020 mencapai 9.346 ton/hari. Kemudian selama diberlakukannya WFH, 16 Maret - 9 April 2020, rata-rata 8.485 ton/hari. Sedangkan saat PSBB, periode 10 April - 22 Mei 2020, rata-rata sampah warga Jakarta yang dikirim ke TPST Bantargebang hanya mencapai 6.602 ton/hari," bunyi keterangan pes Dinas LH.

Halaman

(zap/rfs)