Salat Idul Fitri di Rumah Bareng Keluarga, Ini Contoh Khutbah dari MUI

M Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 20:18 WIB
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam
Foto: dok.BNPB
Jakarta -

Pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan meminta masyarakat tidak melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah besok di masjid atau lapangan. Imbauan itu untuk mencegah adanya kerumunan masa yang dapat menimbulkan penularan COVID-19.

Untuk itu, pemerintah dan MUI meminta masyarakat untuk melaksanakan salat Id di rumah saja bersama keluarga. MUI juga telah mengeluarkan fatwa nomor 28 tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan salat Idul Fitri pada saat pandemi COVID-19, untuk memberikan pedoman kepada masyarakat.

"Fatwa ini agar dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan ibadah saat Idul Fitri dalam rangka mewujudkan ketaatan pada Allah, tetapi pada saat yang sama tetap menjaga kesehatan dan berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Di dalam fatwa itu, kata Asrorun, dijelaskan mengenai cara salat Id berjamaah atau sendiri hingga hukum khutbah. Menurutnya khutbah di dalam pelaksanaan salat Id tidak termasuk rukun, berbeda dengan khutbah salat Jumat yang hukumnya wajib. Jadi apabila dilakukan sendiri tidak perlu ada khutbah Idul Fitri.

Dalam kesempatan ini, Asrorun memberikan contoh khutbah saat melaksanakan salat Id di rumah. Contoh khutbah tersebut bisa dipakai oleh masyarakat.

Berikut ini contoh khutbah Id bersama keluarga:

(zlf/idh)