Anies Soal Takbir Keliling: Gaungkan Tanpa Harus Keluar Rumah

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 07:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan takbir keliling. Ia meminta warga untuk menggaungkan takbir di rumah masing-masing.

"Tahun ini takbir itu tetap menggema tapi takbir itu tidak bergaung di jalan-jalan, takbir itu kini bergabung di tiap-tiap rumah," ujar Anies melalui video di akun instagramnya @aniesbaswedan seperti yang dilihat detikcom, Sabtu (23/5/2020).

Ia berharap warga tetap menggaungkan takbir tanpa harus berkeliling "Kita gemakan kalimat takbir, kita gaungkan pesan takbir tanpa kita harus berkeliling keluar," ucap Anies.

Anies menyebut orang-orang yang terus berada di dalam rumah selama pandemi sebagai pahlawan. Di akhir video ia juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

"Pahlawan dari perjuangan ini adalah orang-orang dan keluarga-keluarga yang terus tetap berada dalam rumah. Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan agar takbir keliling tidak dilaksanakan selama pandemi virus Corona. Namun, dia berharap gema takbir tetap dapat digaungkan melalui pengeras suara di masjid dan musala.

"Biasanya kita lakukan takbir keliling supaya tidak usah. Saya sarankan supaya takbir di rumah saja," kata Fachrul melalui siaran langsung di YouTube BNPB, Kamis (21/5/2020).

"Tapi saya berharap juga masjid-masjid, musala-musala bisa menggaungkan takbir ini melalui loud speaker-nya sehingga betul-betul kegembiraan menyambut hari raya Idul Fitri itu tidak hilang," sambungnya.

Anies: Tetap di Rumah, Takbiran di Masjid Dibatasi 5 Orang:

(isa/isa)