Round-Up

Cerita Warga Seolah Tak Takut Corona Berjubel ke Pasar Demi Hari Raya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 03:15 WIB
Aktifitas pasar sembako dan sayur mayur di Pasar Kebayoran Lama terpantau ramai oleh para pedagang dan pengunjung, di Jakarta Selata , Selasa (19/5/2020).
Keramaian yang terpotret di Pasar Kebayoran Lama (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pemandangan keramaian di pasar-pasar tradisional menjelang lebaran bukanlah hal yang janggal. Namun beda cerita bila hal itu terjadi di tengah pandemi virus corona baru (COVID-19).

Seperti tampak pada Jumat, 22 Mei 2020 atau setidaknya H-2 lebaran di Jakarta. Hampir semua pasar tradisional di penjuru Ibu Kota dijejali warga.

Ada yang mencari kebutuhan pokok untuk keperluan hari raya nanti, ada pula yang memilah sandang baru untuk dipakai saat lebaran. Potret keramaian di pasar saat wabah yang penularannya masif ini tentu membuat siapapun menghela napas panjang.

Pasar Kramat Jati Ramai Jelang Lebaran, Warga Berdesak-desakanPasar Kramat Jati Ramai Jelang Lebaran, Warga Berdesak-desakan (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)

Namun apa mau dikata. Para warga yang terjun langsung ke pasar merasa tidak ada pilihan lain, setidaknya seperti itulah yang disampaikan salah satu di antaranya yang bernama Ita.

"Sebenarnya takut tapi karena kebutuhan mau lebaran ya jaga-jaga aja belanja seperlunya aja," kata Ita di Pasar Kramat Jati di bilangan Jakarta Timur.

Ita pun tidak ingin konyol di pasar tanpa perlindungan diri yang cukup menangkap virus. Masker selalu terpasang serta menghindari kerumunan menjadi kunci baginya.

"Ramai tapi ya jaga diri aja, karena berita terakhir tetap ada yang kena (Corona) dan Jakarta makin banyak. Jadi kalau saya sih jaga diri aja sebisa mungkin cari jalan yang tidak banyak kerumunan," ucap Ita.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3