Pemalsu Surat Sehat di Bali Gunakan Label Puskesmas dan RSUP Sanglah

Anggariza - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 18:58 WIB
Para pelaku menggunakan label Puskesmas IV Denpasar dan RSUP Sanglah.
Foto: Pelaku pemalsu surat sehat/dok. Istimewa
Badung -

Tiga pelaku pembuat surat kesehatan palsu dan surat jalan diamankan Polres Badung. Para pelaku menggunakan label Puskesmas IV Denpasar dan RSUP Sanglah.

"Bahwa pelaku mengakui telah membuat surat keterangan kesehatan dan surat jalan tersebut dibuat oleh pelaku sekitar tanggal 8 Mei 2020 di sebuah warung internet di daerah Sesetan dengan mencari contoh di internet, dan membuat stempel puskesmas serta stempel PT Kreasi Sentosa Abadi agar lebih menyakinkan keaslian dari surat yang dibuat oleh pelaku tersebut," kata Kapolres Badung Roby Septiadi, Jumat (22/5/2020).



Ketiga pelaku menggunakn kop Puskesmas IV Denpasar dan juga RSUP Sanglah. Pelaku juga menyertakan surat keterangan perusahaan untuk mengelabui petugas.

"Empat belas bendel surat-surat masing-masing berisikan 2 lembar surat keterangan terdiri dari satu surat keterangan kesehatan dari RS Sanglah, dan surat keterangan dari perusahaan. Sepuluh bendel surat-surat masing berisikan 2 lembar surat terdiri dari satu surat keterangan kesehatan dari Puskesmas IV Denpasar Selatan dan surat jalan dari PT Kreasi sentosa Abadi," jelas Roby.

Sementara itu, pelaku mendapatkan keuntungan sebesar Rp 80.000 hingga Rp 300.000. "Pelaku mendapatkan keuntungan dari keberhasilannya meloloskan penumapang dengan menggunakan surat palsu tersebut sebesar Rp 80.000 perkepala hingga sebesar Rp 300.000-500.000 perkepala," ungkap Roby.

(tor/tor)