Polisi: Penumpang Travel Diturunkan di GT Cikarang Barat Bisa Lanjut Mudik

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 17:54 WIB
Kakor Sabhara Baharkam Polri, Irjen Wahyudi, dan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Karosekali (M Ilman/detikcom)
Foto: Kakor Sabhara Baharkam Polri, Irjen Wahyudi, dan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Karosekali (M Ilman/detikcom)
Cikarang -

Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat mengatakan penumpang travel gelap yang diturunkan di pos check point gerbang tol (GT) Cikarang Barat bisa melanjutkan mudiknya. Caranya, para penumpang itu akan diangkut menggunakan bus TransJakarta dan diantar ke Terminal Pulogebang.

Di Terminal Pulogebang, para penumpang itu akan didata, kemudian dicek kesehatan dan diperiksa kelengkapan surat-suratnya. Apabila semuanya memenuhi syarat, para penumpang itu akan diizinkan untuk mudik menggunakan bus umum.

"Ada bus yang kita siapkan ke Pulogebang, nanti naik bus yang sesuai PSBB 50 persen jadi jumlah kapasitas bus itu, travelnya kita bawa ke pos lantas Polda Metro di Daan Mogot," ujar Wahyudi di GT Cikarang Barat, Jumat (22/5/2020).

Wahyudi menjelaskan, yang ditahan oleh polisi hanya kendaraan travelnya saja. Sementara, para penumpangnya diizinkan untuk kembali ke tempat masing-masing atau melanjutkan mudik.

"Orangnya boleh pulang tapi travelnya ada penindakan administrasi dari dinas perhubungan," katanya.

Berdasarkan data dari pos check point GT Cikarang Barat, jumlah travel yang diamankan hingga hari ini sebanyak 471 travel. Selain itu, jumlah penumpang dari ratusan travel itu ada 2.771 orang.

(dhn/dhn)