Viral Wanita Asal Bogor Diduga Nista Agama terkait Habib Bahar Dipenjara Lagi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 15:05 WIB
Dilarang Melintas Garis Polisi
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Viral di media sosial perempuan asal Jonggol, Kabupaten Bogor, diduga melakukan penistaan agama. Wanita ini diduga menghina Nabi Muhammad.

Dalam posting-annya di media sosial, perempuan ini diketahui bernama Meilin. Wanita ini mem-posting pemberitaan Habib Bahar bin Smith yang kembali dipenjara. Dalam keterangannya, Meilin menulis keterangan cucu Nabi disertai emoticon tertawa.

Posting-annya itu adalah:

"yg begini dibilang cucu nabi... kalo cucu nya kaya begini gimana kakeknya,, antum paham ga buah jatuh tdk jauh dari pohonnya jdi lebih baik antum baik dulu untuk diri sendiri baru baik untuk khalayak banyak jgn koar2 seperti tong kosong nyaring bunyinya... virus Corona ini namanya".

Lalu video Meilin berada di kantor polisi tersebar luas di media sosial. Perempuan ini pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat, khususnya umat islam.

Kapolsek Jonggol AKP Agus Hidayat membenarkan bahwa kejadian tersebut. Agus menjelaskan polisi mencari keberadaan Meilin sejak Rabu (20/5) malam. Namun, polisi tak menemukan keberadaan perempuan tersebut. Lalu keesokan harinya, Meilin datang ke Polsek Jonggol.

"Dia mau ke kantor polisi dia (Meilin) takut juga. Dia mau pulang ke rumah juga takut dicari-cari oleh umat islam Jonggol, ya akhirnya dia di depan kantor polsek. Akhirnya kita lihat ada ibu-ibu diam wajahnya kusut, kita tanya," kata Agus, ketika dihubungi, Jumat (22/5/2020).

"'Bu kenapa?' 'Pak saya mau minta perlindungan'. 'Minta perlindungan apa? Oh ibu yang bernama ini ya?' saya cariin dari semalam akhirnya ketemu. Akhirnya sama kita, kita periksa, kita interogasi," lanjutnya.

Agus mengungkapkan, Meilin datang ke kantor polisi karena takut ada warga yang mendatangi rumahnya dari postingannya tersebut. Meilin, lanjut Agus, takut karena mendapat kecaman.

"Karena banyak orang yang mungkin banyak balas-balasan dipostingannya itu. 'Jangan harap kamu bisa hidup tenang ya setelah menghina Nabi kami', begitu," ungkap dia.

Agus menambahkan Meilin dibawa ke Polres Bogor Kamis (20/5) itu juga. Kasus ini dilimpahkan ke Polres Bogor.

Untuk dugaan apakah wanita tersebut melakukan penistaan agama, belum diketahui.

"Saya bawa ke polres, dilimpahkan ke polres," kata Agus.

Habib Bahar Dipindahkan ke Nusakambangan:

(dhn/dhn)