Round-Up

Buka-bukaan Mendes soal Geger Warga Bakar Kantor Desa Kecewa BLT Salah Sasaran

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 05:54 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menggelar rapat kerja perdana di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).
Abdul Halim Iskandar (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Kantor Desa Air Batu di Jambi dibakar warga yang kecewa gegara pembagian bantuan langsung tunai (BLT) tak tepat sasaran. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Mendes-PDTT) Abdul Halim Iskandar buka suara.

Perusakan dan pembakaran kantor desa ini terjadi pada Selasa 19 Mei 2020 malam hari. Aksi anarkis warga itu membuat seluruh fasilitas kantor desa tak dapat digunakan. Namun tak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut.

Mendes menyayangkan peristiwa itu terjadi. Dia menegaskan peristiwa dipicu oleh kecurigaan warga kepada perangkat desa saat penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Mendes memerintahkan agar persoalan ini diselesaikan secara kekeluargaan.

Berikut buka-bukaan Mendes soal geger warga Jambi bakar kantor desa karena BLT salah sasaran:


Awal Mula Peristiwa

Kantor Desa Air Batu yang dibakar warga itu tepatnya berlokasi di Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi. Bupati Merangin, Alharis, akan menindaklanjuti persoalan tersebut.

"Kita akan menindaklanjuti persoalan ini, tentu semua ada solusinya, jika ada warga yang merasa tak terima BLT ya ada solusinya. Tetapi tidak dengan cara merusak kantor desa maupun membakarnya," kata Haris kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4