Pemerintah: Tak Tutup Hidung Sama Saja Tak Pakai Masker, Berisiko Kena Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 09:15 WIB
Jubir Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Achmad Yurianto (Dok. BNPB)
Jakarta -

Pemerintah menekankan pentingnya penggunaan masker dengan cara yang benar saat akan keluar rumah. Penggunaan masker yang salah dinilai sama saja dengan tak memakai masker.

"Ya sama dengan nggak pakai masker, sama dengan masker taruh di dagu aja buat apa? Ya sama aja nggak pakai masker, terus yang ditutupin apanya?" kata juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19, dr Achmad Yurianto, saat dihubungi, Rabu (20/5/2020).

Yuri mengatakan potensi tertular virus Corona tetap ada jika masker digunakan dengan cara yang salah dan tidak menutup hidung. Pasalnya, rongga mulut dan hidung menyatu sehingga rentan terkena droplet yang mengandung virus.

"Lha, rongga hidung sama rongga mulut kan jadi satu. Ya sama aja, iya betul (risiko penularan tetap ada kalau pakai maskernya salah)," jelas Yuri.

Karena itulah, Yuri menegaskan pentingnya penggunaan masker yang benar. Menurutnya, mulut dan hidung tetap harus ditutup dengan masker.

"Ya nggak apa-apa (pakai masker kain), yang penting hidung dan mulut (tertutup). Kalau nggak, kan sama aja nggak pakai masker, wong hidungnya masih bolong kok," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah terus menggaungkan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 bagi yang terpaksa ke luar rumah. Pemerintah menyoroti masih ada masyarakat yang memakai masker dengan cara yang salah.

"Kalau tidak terpaksa, tidak ke luar rumah. Namun, apabila terpaksa harus ke luar rumah, pakai masker. Pakai masker dengan benar. Karena kami masih melihat banyak sekali masker digunakan dengan cara yang tidak benar," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers BNPB, Rabu (20/5).

"Hanya ditutup mulutnya saja, hidungnya tidak. Oleh karena itu, gunakan masker yang benar dan pastikan setelah ke luar rumah ganti masker yang baru," kata Yuri.

Simak video Tak Pakai Masker, Warga Bogor Ini Dihukum Bersihkan Lingkungan!:

(azr/mae)