Wali Kota Jakbar Janji Tertibkan Pasar Malam di Pinangsia: Ampun Deh!

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 11:29 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pasar malam masih bermunculan di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta. Salah satunya di wilayah Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Terkait hal ini, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi akan berkoordinasi dengan Satpol PP setempat untuk melakukan penindakan di wilayah tersebut. Dia mengaku kepedulian masyarakat memang masih kurang terhadap adanya wabah virus Corona (COVID-19).

"Nanti kita suruh Satpol PP tertibkan, jangan dululah pasar malam, kecuali yang jual makanan masih bolehlah diatur, emang masih bandel-bandel betul tapi ya itulah masyarakat kita, sabar dulu deh, harus banyak-banyak sabar di bulan puasa ini, yang Tarawih itu juga kan masih ada aja, makanya kita imbau terus, ampun deh," kata Rustam ketika dihubungi, Rabu (20/5/2020).

"Nanti kita teruskan lagi, kita tertibkan, kita rapikan, kita ingatkan supaya tidak menularkan penyakit, kalau kayak gitu kan potensi meningkat terus kasusnya, malah tambah panjang ini, semua harus kesadaran dari masyarakat," lanjutnya.

Dalam hal ini, Rustam juga sudah memberikan arahan kepada tim gugus tugas COVID-19 di tingkat RT/RW. Namun, menurutnya, tetap saja perihal penindakan harus dilakukan oleh Satpol PP.

"Kita juga sudah punya gugus tugas COVID-19 di RT dan RW, saya sudah kasih penjelasan, cuma kalau RT kan bertindak penertiban tidak pas makanya Satpol PP lah yang masuk di situ," tutur Rustam.

Sebelumnya, adanya informasi pasar malam yang masih buka di masa PSBB ini dibagikan oleh akun Instagram @jakarta.terkini. Ada tiga titik, yakni, di wilayah Perkampungan Industri Kecil, Pulogadung, Jakarta Timur, lalu wilayah Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, dan Jalan Percetakan Negara ll Blok H, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Suasana di ketiga lokasi pasar malam itu tampak sangat ramai, warga berkerumun seolah tidak ada jarak. Terlihat juga kemacetan karena banyak pemotor yang lewat. Kios-kios pun berjejeran sepanjang jalan.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin meminta siapa pun warga yang melihat adanya pasar malam agar melaporkan ke Satpol PP di wilayahnya. Arifin mengatakan pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap kegiatan yang menimbulkan keramaian.

"Sampaikan saja ke saya, di mana tempatnya nanti saya akan melakukan penindakan di situ," katanya.

(eva/dhn)