DPRD DKI Minta Anies Kaji Pembentukan BPBD Tingkat Kota

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 18:24 WIB
Gedung DPRD DKI Jakarta
Gedung DPRD DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta merekomendasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kajian pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat kota. Hal itu terkait dengan terbatasnya jumlah personel BPBD di DKI.

Rekomendasi itu dibacakan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Yudha Permana dalam rapat paripurna yang digelar hari ini, Selasa (19/5/2020). Rekomendasi itu tertuang dalam Surat Keputusan DPRD Provinsi DKI Jakarta Nomor 25 Tahun 2020 tentang Hasil Pembahasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

"DPRD Provinsi DKI Jakarta merekomendasikan untuk dilakukan kajian mengenai pembentukan struktur BPBD di tingkat kota, mengingat jumlah personel BPBD yang sangat terbatas untuk melaksanakan tugas penanggulangan bencana di wilayah Provinsi DKI Jakarta," kata Yudha saat membacakan rekomendasi.

Selain itu, DPRD DKI meminta survei dilakukan secara berkala tentang kepuasan warga terhadap kinerja Pemprov DKI Jakarta. Survei itu dinilai bisa menjadi ukuran kualitas layanan publik di DKI.

"DPRD Provinsi DKI Jakarta mengusulkan agar dilakukannya survei rutin mengenai kepuasan warga terhadap kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dilakukan oleh lembaga survei yang kredibel, sehingga ada ukuran yang jelas bagi kualitas layanan publik di Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

Tak sampai di situ, DPRD juga mengusulkan agar sarana dan prasarana untuk Satpol PP dilengkapi. Hal itu berkaitan dengan tugas Satpol PP dalam pengawasan dan penertiban reklame.

"DPRD Provinsi DKI Jakarta mengusulkan agar sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan tugas Satpol PP dalam pengawasan dan penertiban reklame dapat dilengkapi," tuturnya.

(azr/fjp)