Tolak Jam Usaha Dibatasi Saat PSBB, Pedagang Pasar di Dumai Turun ke Jalan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 16:41 WIB
Pedagang di Dumai tolak pembatasan jam usaha selama penerapan PSBB di Kota Dumai pada Senin (18/5) malam (ANTARA/Abdul Razak)
Pedagang di Dumai tolak pembatasan jam usaha selama penerapan PSBB di Kota Dumai pada Senin (18/5) malam. (Abdul Razak/detikcom)
Jakarta -

Ratusan pedagang kaki lima di Pasar Senggol, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Dumai, Riau, turun ke jalan menolak pembatasan jam buka tempat usaha. Mereka juga membuka paksa portal penutup jalan yang dipasang petugas gabungan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pedagang yang bergabung dengan warga menyuarakan aspirasi penolakan penerapan PSBB dengan menutup tempat usaha. Mereka menilai aktivitas jual-beli terhambat akibat PSBB.

Aksi massa yang dilakukan pada Senin (18/5) malam itu disaksikan banyak orang dan pengendara. Pedagang menolak membubarkan diri dan meminta agar kegiatan jual-beli terus diperbolehkan pemerintah.

Warga yang memadati Jalan Jenderal Sudirman juga terpantau sempat terlibat adu mulut dengan aparat gabungan karena memaksa tetap berjualan. Namun, tidak ada kontak fisik yang terjadi. Mereka meminta waktu dibolehkan berjualan hingga usai Lebaran.

"Kami menolak ditutup tempat usaha dan minta pemerintah tetap bolehkan jualan untuk mencari rezeki hingga habis Lebaran nanti," kata seorang warga di lokasi seperti dilansir dari Antara, Selasa (19/5/2020).

PKL yang menjajakan berbagai dagangan menyambut hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Jalan Sudirman, Dumai, ini merasa perlakuan pemerintah tidak adil karena usaha kecil-kecilan mereka dipaksa ditutup.

Selanjutnya
Halaman
1 2