Gubernur Sulsel: Kajian BIN Prediksi Positif Corona Capai 1.400 Saat Lebaran

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 16:06 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Dok. Istimewa)
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Dok. Istimewa)

Nurdin menegaskan pihaknya tidak melarang warga melaksanakan salat Id secara berjemaah di masjid atau di lapangan. Dia hanya mengimbau warga melaksanakan salat Id di rumah.

"Jadi tidak ada larangan pemerintah (salat di masjid atau lapangan). Kemarin sangat ditegaskan oleh pemerintah," imbuhnya.

"Oleh karena itu, tentu kemarin kesepakatan kita dan arahan dari seluruh peserta rakor diminta kepada seluruh bupati, wali kota, berserta Forkompinda, Ormas Islam, Kemenag, dan seluruh tokoh-tokoh agama secara masif melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat (salat Id di rumah)," lanjutnya.

Jika warga tetap akan melaksanakan salat Id secara berjemaah di rumah, Nurdin meminta jajarannya mengamankan dan menjaga masjid agar protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Corona tetap dilaksanakan saat pelaksanaan salat Id.

"Forkompinda Kabupaten-Kota bersama aparat dan Satpol-PP untuk melakukan melakukan pengamanan dengan protokol kesehatan secara ketat," tegasnya.

Diketahui, menurut data Dinas Kesehatan Sulsel, hingga Senin (18/5) lalu, positif Corona di Sulsel telah menembus angka 1.017 orang, di mana 623 orang masih dirawat, 339 sembuh, dan 55 meninggal dunia.

Halaman

(nvl/knv)