Pemerintah Targetkan 8,3 Juta KK Terima Bansos Corona Sebelum Lebaran

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 13:11 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Foto: Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan jutaan kepala keluarga (KK) akan menerima bantuan sosial (bansos) terkait Corona sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Pemerintah menargetkan 8,3 juta KK dapat menerima bansos selambat-lambatnya hingga awal Lebaran.

"InsyaAllah dalam menjelang Lebaran yang tinggal 5 hari ini, Pak Mensos akan sudah menetapkan target 8,3 juta dari 9 juta target calon penerima bansos COVID-19, akan tersalurkan paling tidak sampai awal Lebaran," kata Muhadjir dalam konferensi video seusai rapat terbatas, Selasa (19/5/2020).

Muhadjir menerangkan 700 KK sisanya ditargetkan menerima bansos sekitar satu sampai dua pekan ke depan. Dia mengungkapkan distribusi bansos ke 700 KK terkendala karena wilayahnya yang jauh.

"Sedangkan yang sisanya yaitu sekitar 700 ribu, karena itu tempatnya memang jauh-jauh, yang transportasinya perlu waktu dan di sana juga tidak ada jaringan PT Pos, Himbara (Himpunan Bank-Bank Pemerintah), maka itu perlu waktu 1 sampai 2 minggu," ujar Muhadjir.

Selanjutnya Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara menerangkan lebih rinci jumlah target penerima bansos hingga Sabtu (23/5) adalah sebesar 8,366 juta KK. Oleh karena itu, lanjutnya, PT Pos harus bisa menyalurkan bansos kepada kurang lebih 800 ribu KK perharinya.

"Kita sudah sepakat dengan PT Pos, juga dengan Pak Menko PMK untuk target penyaluran sampai dengan Sabtu, 1 hari sebelum Lebaran, kita sudah me-lock target yang akan kita salurkan adalah sekitar 8,366 juta KK," jelas Juliari.

"Artinya kalau kita hitung mulai hari ini sampai dengan Sabtu, PT Pos harus bisa menyalurkan rata-rata 800 ribu KK perhari," imbuh dia.

Menko PMK Sebut Perbedaan Data Jadi Kendala Penyaluran Bansos:

(aud/dhn)