Round-Up

Bahagia Bocah Jalangkote Dapat Sepeda, Pembully Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 08:25 WIB
Warga ramai beri dukungan ke RZ bocah penjual jalangkote korban bully di Pangkep, Sulsel.
Foto: Warga ramai beri dukungan ke RZ bocah penjual jalangkote korban bully di Pangkep, Sulsel. (Bakrie-detikcom)
Jakarta -

Peristiwa bullying atau perundungan yang dialami RZ (12), bocah penjual jalangkote di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) oleh sejumlah remaja viral di media sosial hingga akhirnya menarik simpati publik. RZ kini dapat bahagia setelah mendapat bantuan sepeda baru, sementara polisi menetapkan 8 pemuda sebagai tersangka kasus bully ke RZ.

Simpati publik salah satunya datang dari IAM Center, kelompok sosial di Pangkep ini sangat prihatin dengan aksi bullying yang dialami RZ. Mereka kemudian memberikan hadiah sepeda gunung baru untuk RZ berjualan jalangkote, makanan khas Sulsel.

"Hadiah sepeda barunya semoga dapat membangkitkan semangat adik RZ atas perlakuan tidak sepantasnya dari sekelompok remaja di kampungnya," ujar anggota komunitas IAM Center, Atho Akhiruddin Tola, dalam keterangannya, Senin (18/5/2020).

Dengan sepeda gunung baru yang diberikan, RZ diharapkan tetap semangat dalam berjualan jalangkote dan dapat terus membantu perekonomian keluarga. Diketahui ayah RZ berprofesi sebagai tukang becak motor dan tinggal di rumah yang belum rampung.

"Kami harap tidak ada lagi peristiwa serupa, perlakuan yang tidak wajar dari orang dewasa ke anak-anak, baik di Pangkep atau di tempat lainnya," tutur Atho.

Tak hanya dari IAM Center, dukungan ke RZ terus berdatangan. Hal ini tampak dari rumah RZ di Kelurahan Talaka, Kecamatan Ma'rang, Pangkep, Sulsel pada Senin (19/2) lalu tampak ramai dikunjungi warga, komunitas sosial, hingga pejabat.

"Sejak tadi malam, banyak sekali orang yang datang ke sini. Mereka rata-rata penasaran mau bertemu langsung dengan korban dan juga kasih sumbangan. Sudah ada 4 sepeda barunya," Kata salah seorang warga yang memberikan sumbangan, Tajudin, Senin (18/5).

Selain karena empati, warga yang datang ke rumah RZ itu mengaku penasaran ingin bertemu dengan RZ. Sebab, RZ dikenal warga sebagai sosok pekerja keras.

"Kami juga datang untuk melihat langsung seperti apa kondisi rumah dan korban ini. Karena banyak sekali cerita di medsos. Intinya, sosoknya memang sangat inspiratif karena pekerja keras," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3