Atasi KKB Serang Pospol di Paniai Papua, Kapolda Kedepankan Upaya Persuasif

Wilpret Siagian - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 20:39 WIB
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. (Wilpret/detikcom)
Jayapura -

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw masih melakukan upaya persuasif terhadap pelaku penyerangan dan perampasan senjata di pos polisi (pospol) Kampung KM 99, Ndeotadi, Kabupaten Paniai, Papua. Upaya persuasif yang dimaksud adalah meminta pelaku mengembalikan senjata yang dirampas dari pospol.

"Kami upayakan pelaku mengembalikan senjata melalui tokoh-tokoh masyarakat, kepala suku dan aparat kampung," ujar Paulus di sela kunjungannya bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab di kampung Ndeotadi, Paniai, Papua, pada Senin (18/5/2020).

Untuk diketahui, penyerangan terjadi pada Jumat (15/5/2020) lalu menjelang tengah malam. Akibatnya, seorang polisi mengalami luka bacok dan 4 senjata milik Polri hilang.

Paulus mengatakan akan bertemu dengan tokoh masyarakat, kepala suku, bahkan keluarga yang diduga pelaku dalam kunjungannya di Ndeotadi. Paulus menuturkan dugaan pelaku adalah warga asli Ndeotadi.

"Kami menduga pelaku ada dari warga sendiri. Dia lahir dan besar di kampung ini. Hanya saja perlu kami dalami, apa masalahnya sehingga melakukan tindakan penyerangan dan perampasan senjata di pospol ini," ujarnya.

Paulus menuturkan, jika upaya persuasif aparat tak diindahkan, akan dilakukan tindakan tegas oleh aparat.

"Jika tidak ada hasil dari upaya pendekatan melalui tokoh adat dan tokoh masyarakat, terpaksa kami mengambil tindakan tegas terhadap kelompok yang melakukan perampasan," tegasnya.

(aud/aud)