80 Ribu KK Terima Beras Fitrah, Baznas: Mayoritas Miskin Baru Dampak Corona

M Ilman Nafian - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 12:19 WIB
Islamic concept: The holy Quran and Tasbih (rosary beads) on dark background
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menerima dana zakat, infak, sedekah dana sosial keagamaan lain senilai Rp 51 miliar selama Ramadhan 1441 Hijriah. Di masa pandemi COVID-19 ini, Baznas juga telah membuat program seperti beras fitrah, paket sembako keluarga hingga bantuan tunai.

"Untuk dana zakat Ramadhan yang sudah diterima itu bukan hanya zakat ya, tapi zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya sampai pagi ini mencapai Rp 51 miliar, itu yang dikumpulkan oleh Baznas pusat," ujar Ketua Baznas Bambang Sudibyo dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Channel Baznas tv, Senin (18/5/2020).

Untuk tahun ini, Baznas menetapkan pembayaran zakat fitrah sebesar Rp 40 ribu. "Zakat fitrah itu per wajib zakat Rp 40 ribu per orang, minimal tentunya itu ya," katanya.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik mengatakan, Baznas telah menyalurkan 400 ton beras zakat untuk 80 ribu kepala keluarga (KK). Penyaluran beras zakat itu sudah dilakukan sejak pekan pertama Ramadhan hingga Jumat (15/5).

"Penyaluran zakat fitrah ini sudah kita lakukan sejak pekan pertama Ramadhan dan alhamdulillah untuk target kita sebanyak 400 ton beras fitrah yang didistribusikan ke 80 ribu rumah tangga mustahik, sudah kita selesaikan pada Jumat kemarin. Jadi kami untuk Baznas pusat yang sudah menyalurkan beras fitrah ini di 600 titik di DKI, Banten dan Jawa Barat," ucap Irfan.

Selanjutnya
Halaman
1 2