Tentang Anomali Data Laporan Kematian Vs Pemakaman di DKI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 07:43 WIB
Pemprov DKI Jakarta berencana akan menambah lahan untuk tempat pemakaman umum (TPU), khususnya di wilayah Jakarta Utara.
Foto: TPU di Jakarta Utara (Pradita Utama)
Jakarta -

Data pelaporan kematian dan pemakaman di DKI Jakarta disorot lantaran mengandung anomali. Ada yang tidak normal pada angka kematian dan pemakaman pada Maret dan April 2020. Pemprov DKI Jakarta pun angkat bicara.

Anomali data mulanya diamati oleh akun @Aswicahyono. Pemilik akun tersebut mengamati data kematian dan pemakaman resmi yang ditampilkan Pemprov DKI di situs Jakarta Open Data (angka kematian) dan Dinas Pertamanan Hutan Kota (angka pemakaman).

Data yang diamati dari Januari 2019 hingga April 2020. Polanya, angka pelaporan kematian selalu lebih besar dibanding data pemakaman, kecuali pada Maret dan April 2020, di masa pandemi Corona.

"Catatan: Data jumlah pelaporan kematian adalah mencakup pelaporan peristiwa kematian dari penduduk (termasuk kematian sebelum tahun/ bulan waktu pelaporan), sehingga jumlah laporan kematian tidak identik dengan jumlah kematian di bulan tersebut," tulis @Aswicahyono, yang dikutip detikcom, Minggu (17/5/2020).

Pengamatan tersebut kemudian di-retweet oleh bos lembaga survei Cyrus Network @datuakrajoangek. Sontak sorotan ini kian ramai karena dibagikan ulang.

detikcom lalu mengecek data yang ditampilkan di dua situs DKI tersebut. Data yang didapat identik dengan yang ditampilkan oleh @Aswicahyono. Datanya sebagai berikut:

Sumber data angka kematian dari data.jakarta.go.id. Sumber data angka pemakaman dari pertamananpemakaman.jakarta.go.idFoto: Sumber data angka kematian dari data.jakarta.go.id. Sumber data angka pemakaman dari pertamananpemakaman.jakarta.go.id

Dari tabel di atas bisa dilihat memang ada anomali data pada Maret dan April 2020. Selain itu, angka pelaporan kematian pada Maret dan April 2020 jauh lebih rendah dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, termasuk dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2019.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3