Tiga Pemuda Kukar Dipanggil Satpol PP Gegara Joget di Mobil Pelat Merah

Suriyatman - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 09:11 WIB
Tiga pemuda Kukar dipanggil Satpol PP
Foto: Tiga pemuda Kukar dipanggil Satpol PP Kukar (dok. istimewa)
Kutai Kartanegara -

Tiga pemuda di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), dipanggil Satpol PP Pemkab Kukar. Pasalnya, ketiganya joget TikTok di salah satu mobil pelat merah dan direkam lalu videonya viral.

Mobil pelat merah itu berjalan di sekitar Jalan KH Akhmad Muksin, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong. Belakangan, diketahui pemuda dalam video tersebut berinisial Z yang berusia 20 tahun dan merupakan pekerja bengkel.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan bahwa mobil pelat merah itu merupakan kendaraan dinas tarikan dari salah seorang pejabat Pemkab Kukar. Mobil itu terparkir di Kantor Bupati.

"Mobil itu rencananya akan diperbaiki agar bisa digunakan kembali, pada Selasa (12/5) lalu mobil itu ditarik menuju bengkel," kata Sunggono, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/05/2020)

Namun, dalam perjalanan menuju bengkel, mobil tersebut digunakan ketiga pekerja bengkel yang ditugaskan untuk menarik mobil itu. Salah satu pekerja berinisial Z berjoget di atas kap mobil yang sedang berjalan, dan direkam oleh temannya. Dua teman Z yakni F 20 tahun sebagai penarik mobil, dan W sebagai perekam video.

"Satu orang sebagai sopir mobil yang menarik mobil dinas, satu orang yang mengambil dokumentasi atau merekam video, dan satu orang melakukan aksi menari di atas kap mobil dinas tersebut," jelas Sunggono.

Mengetahui video itu viral, pada Rabu (13/5), Bagian Umum Setkab Kukar dan Kepala Satpol PP Kukar melakukan penindakan atas kejadian tersebut. Ketiga pemuda tersebut dipanggil pihak-pihak terkait.

Pertemuan dihadiri oleh pihak Bagian Umum Setkab Kukar, Satpol PP, pemilik bengkel, serta 3 orang pekerja bengkel yang melakukan aksi tersebut. Dalam pertemuan itu, Pemkab Kukar memberi teguran keras.

"Kami sudah minta mereka untuk membuat surat pernyataan permintaan maaf dan berjanji untuk tidak mengulangi," jelasnya.

Tonton juga video Polisi Tahan Pemuda Jonggol yang Marah-Pukul Warga:

(rfs/rfs)