Kian Aman, Gojek Sediakan Fitur Status Suhu Tubuh Driver

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 23:16 WIB
Gojek
Foto: dok Gojek
Jakarta -

Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, Gojek menjadi layanan on-demand pertama yang menghadirkan fitur informasi status suhu tubuh dan kebersihan kendaraan mitra driver. Pengecekan suhu tubuh driver dan desinfeksi kendaraan dilakukan di Posko Aman Bersama Gojek yang ada di sejumlah wilayah.

Chief Operations Officer Hans Patuwo mengatakan, inovasi tersebut dilakukan sebagai tanggung jawab Gojek atas kepercayaan masyarakat. Pengguna dapat mengetahui status pengecekan suhu tubuh mitra driver dan kebersihan kendaraan dalam aplikasi Gojek.

"Saat memesan layanan Gojek, pengguna akan mengetahui status pengecekan suhu tubuh mitra driver dan status desinfeksi kendaraan. Hadirnya fitur ini, merupakan wujud keseriusan kami dalam memastikan semakin meningkatnya standar operasional layanan yang aman di tengah pandemi COVID-19, sehingga masyarakat bisa merasa tenang dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek," kata Hans, Jumat (15/5).

Hans memaparkan, fitur yang sama akan diimplementasikan pada layanan pengantaran makanan dan logistik.

Informasi suhu tubuh dan kebersihan kendaraan didapatkan setiap kali driver melakukan pengecekan suhu tubuh dan desinfeksi kendaraan di Posko Aman Bersama Gojek. Informasi tersebut akan diunggah Tim Operasional Gojek ke sistem. Gojek menyediakan 150 area Posko Aman Bersama Gojek di 16 kota besar di Indonesia.

"Saat ini, ratusan ribu mitra driver aktif terus memanfaatkan fasilitas dan prosedur kesehatan di Posko Aman Bersama Gojek setiap minggunya," kata Hans.

Hans mengatakan, setiap mitra aktif diimbau untuk mengunjungi Posko Aman Bersama Gojek secara rutin. Jika diketahui suhu tubuh mitra driver berada di atas ambang batas normal, Gojek akan memberi pendampingan kepada mitra untuk melakukan pemeriksaan medis, bekerja sama dengan Halodoc.

Selain menyediakan fitur status mitra driver, sebelumnya Gojek telah menyiapkan jutaan masker, hand sanitizer dalam bentuk paket kesehatan (healthcare kit) untuk dibagikan kepada ratusan ribu mitra driver di lebih dari 90 kota. Distribusi paket kesehatan berupa 5 juta masker impor akan dilakukan secara bertahap ke berbagai wilayah di Indonesia.

Gojek turut menjaga keamanan dan kesehatan para mitra driver serta pengguna dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diberlakukan di sejumlah kota. Hal itu dilakukan dengan menyediakan masker untuk penumpang, membatasi hanya dua penumpang per unit kendaraan untuk GoCar dan GoBlueBird. Sementara itu, layanan pengantaran tanpa kontak diteraapkan untuk GoFood, GoShop, GoSend, dan GoMart.

(ega/ega)