Jokowi: Pemerintah Ingin Masyarakat Produktif dan Tetap Aman dari Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 22:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penyerahan bantuan tunai kepada sejumlah keluarga penerima manfaat yang digelar di Kantor Pos Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, pada Rabu, 13 Mei 2020. Bantuan tunai tersebut diberikan kepada masyarakat agar tetap memiliki daya beli di tengah pandemi Covid-19.
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan belum akan melonggarkan PSBB. Jokowi tak ingin mengambil keputusan keliru soal PSBB.

"Belum, ya. Tetapi kita ingin terus akan melihat angka-angka. Akan melihat fakta-fakta di lapangan. Intinya, kita harus sangat hati-hati. Jangan sampai kita keliru memutuskan, jangan sampai keliru memutuskan," kata Jokowi yang disiarkan oleh YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (15/5/2020).

Namun Jokowi menaruh perhatian terhadap kondisi ekonomi masyarakat saat ini. Jokowi ingin masyarakat tetap produktif dan aman dari virus Corona.

"Tetapi, kita juga harus melihat kondisi masyarakat sekarang ini. Kondisi yang terkena PHK, kondisi masyarakat yang tidak berpenghasilan lagi. Ini harus dilihat. Kita ingin masyarakat produktif dan tetap aman dari COVID," ujar Jokowi.

Dalam tahap produktif dan aman, Jokowi mengatakan masyarakat tetap beraktivitas. Dia menyinggung kembali soal berdamai dengan virus Corona.

"Ya, beraktivitas, ya. Dan kita memang harus berkompromi dengan COVID, bisa hidup berdampingan dengan COVID. Yang kemarin saya bilang, kita harus berdamai dengan COVID," imbuhnya.

(rfs/fjp)