Bolehkah Makan Sebelum Shalat Idul Fitri? Ini Anjurannya

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 14:31 WIB
makan kurma
Foto: istimewa/Sebelum Shalat Idul Fitri Boleh Makan?
Jakarta -

Ada beberapa sunnah yang dianjurkan saat melaksanakan Shalat Idul Fitri. Lantas, makan dan minum lebih dahulu adalah hal yang dianjurkan sebelum menjalankan shalat Idul Fitri atau tidak ya?

Dikutip dari Buku Fiqih Sunnah 2 karya Sayyid Sabiq, shalat Idul Fitri dan Idul Adha disyariatkan pada tahun pertama hijrah Nabi Muhammad SAW. Adapun, hukum shalat Idul Fitri dan Idul Adha adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan.

Nah, apakah sebelum shalat Idul Fitri boleh makan atau tidak?

1. Disunnahkan Makan Sebelum Berangkat Shalat Id

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan dari Anas radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW tidak berangkat ke tempat shalat sebelum beliau memakan beberapa biji kurma dengan jumlah ganjil (yakni, memakannya dengan jumlah ganjil, seperti tiga, lima, tujuh, dan seterusnya).

Kemudian, Said bin Musayyab radhiyallahu anhu meriwayatkan di dalam kitab al-Muwaththa' bahwa orang-orang diperintahkan makan terlebih dahulu sebelum pergi shalat Idul Fitri. Ibnu Qudamah berkata, "Mengenai disunnahkannya makan terlebih dahulu pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke tempat shalat, kami tidak menemukan adanya perselisihan (di antara ulama)."

Sementara itu, perbedaan antara shalat Idul Fitri dan Idul Adha terdapat pada salah satu sunnah, yakni makan. Buraidah meriwayatkan bahwa Nabi SAW tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum makan terlebih dahulu, dan beliau tidak makan pada waktu Idul Adha kecuali setelah pulang (dari shalat id).

2. Disunnahkan Mandi, Pakai Wangi-wangian, dan Pakaian Terbaik

Selain makan sebelum berangkat shalat Idul Fitri, umat Islam juga disunnahkan untuk mandi, memakai wangi-wangian, dan mengenakan pakaian terbaik saat melaksanakan shalat Id. Berdasarkan dalil dari Ja'far bin Muhammad meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW memakai burda hibarah (jenis pakaian buatan yaman) pada tiap Hari Raya.

Hasanash-Shibti meriwayatkan juga bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan mereka agar pada Hari Raya mengenakan pakaian yang terbagus, memakai wangi-wangian yang terbaik, dan berkurban dengan hewan yang paling berharga.

Terakhir, Ibnul Qayum berkata, "Pada kedua Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) Rasulullah SAW biasa mengenaiakn pakaian yang terbaik dan ada sepasang pakaian beliau yang khusus digunakan pada shalat Hari Raya dan shalat Jumat.

Semoga penjelasan sebelum shalat Idul Fitri boleh makan atau tidak bisa menambah wawasan kita ya!

(pay/erd)