Round-Up

Saat Tentara Langit Menyelam Evakuasi Pilot Tenggelam di Sentani

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 09:20 WIB
Proses Pencarian Pesawat MAF yang Jatuh di Danau Sentani Papua
Foto: Proses Pencarian Pesawat MAF yang Jatuh di Danau Sentani Papua (dok.istimewa)
Jayapura -

Pesawat yang mengangkut logistik dan alat kesehatan jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Papua. Pesawat tersebut kemudian tenggelam ke dasar danau.

Pilot pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF), Joyce Chaisin Lin (40), tewas dan ikut tenggelam. Jenazah Joyce terperangkap di dalam kokpit.

Pesawat jatuh tepat di tengah-tengah danau antara Kampung Yoboi dan Kamyagha. Dua anggota TNI AU melakukan proses evakuasi pilot. Mereka adalah Peltu Absent Tinus Simbiring dan Sertu Elisa Womsiwor.

Kedua anggota 'tentara langit' ini menyelam ke dasar danau untuk mengevakuasi pilot wanita warga negara (WN) Amerika Serikat tersebut. Ternyata meski bergabung dengan matra udara, dua tentara ini mempunyai kualifikasi menyelam.

"Kebetulan anggota saya pelatih dan atlet selam. (Penyelam yang evakuasi korban) Ada 4 orang, dua anggota SAR dan dua anggota TNI AU. Memang mereka atlet selam, satu lagi pelatih selam," kata Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, saat dihubungi, Rabu (13/5/2020).

Proses evakuasi Pesawat MAF Jatuh di Danau Sentani, Papua.Proses evakuasi Pesawat MAF Jatuh di Danau Sentani, Papua (Istimewa)

Pelatih selam yang dimaksudnya ialah Peltu Absent Tinus Simbiring. Sementara anggota TNI AU yang menjadi atlet selam adalah Sertu Elisa Womsiwor.

Keduanya langsung bergegas begitu mendapat informasi ada pesawat jatuh di Danau Sentani. Mereka tiba di lokasi sekitar pukul 08.14 WIT.

"Jadi sejak diberi tahu ada pesawat jatuh di danau, kebetulan anggota saya sedang di Jayapura langsung meluncur ke Danau Sentani. Perjalanan lumayan sekitar 45 menit," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2