JK: RI Harus Kontribusi di Bidang Sains Tangani Corona, Jangan Apa-apa Minta China

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 00:32 WIB
JK Berkunjung ke Eijkman
Foto: JK Berkunjung ke Eijkman (dok. PMI)
Jakarta -

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla berharap Indonesia memiliki kontribusi dalam penemuan ilmiah untuk pengobatan pasien COVID-19. Dia menyebut Indonesia harusnya tidak selalu bergantung pada sumbangan negara lain.

"Indonesia harus punya kontribusi terhadap dunia dalam bidang saintis untuk penanganan Corona. Jangan seperti selama ini, apa-apa minta dari China," kata JK saat bertemu dengan kepala Lembaga Eijkmen Proffesor Amin Subandrio di Kantor Eijkmen Jl. Diponegoro, Jakarta Pusat yang disampaikan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/5/2020).

Wakil Presiden ke-12 RI itu menyebut pihaknya selalu memberikan dukungan dalam hal ini kerja sama dengan Lembaga Eijmen. JK mempersilahkan penggunaan fasilitas pengolahan darah yang dimiliki PMI dalam Terapi Plasma Konvalesen untuk penanganan COVID-19.

"PMI berada dalam posisi mensupport dan tidak berada pada wilayah ilmiah Saintis yang merupakan tanggung jawab Eijkmen. Untuk itu PMI akan mempersilahkan Eijkmen untuk menggunakan fasilitas pengolahan darah yang dimiliki PMI dan tersebar di 15 kota besar," pungkas JK.

Selanjutnya
Halaman
1 2