Sebulan Usia Titah Jokowi Target 10 Ribu Tes Corona, Bagaimana Progresnya?

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 15:33 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 10 ribu tes Corona. Target itu belum juga berhasil dicapai. Kini usia titah itu sudah sebulan, akankah tercapai hari ini?

"Saya ingin agar setiap hari paling tidak kita bisa mengetes lebih dari 10 ribu," kata Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) Laporan Gugus Tugas COVID-19 yang disiarkan melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, 13 April 2020 lalu.

Permasalahan pengetesan virus Corona melalui real time polymerase reaction chain (RT-PCR) sempat terkendala kelangkaan reagen, bahan kimia untuk memroses sampel Corona sebelum masuk ke mesin PCR. Reagen-reagen pun didatangkan. Pemerintah sudah memesan 15 ribu reagen dari Korea Selatan. Pada 24 April, 400 ribu reagen mendarat di negara ini. Hingga di pengujung April, target 10 ribu tes ternyata belum juga tercapai.

"Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar setidak-tidaknya kita mampu untuk melaksanakan 10 ribu tes per hari dalam konteks PCR real time yang menggunakan swab dari hidung dan tenggorokan," kata juru bicara pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Yuri), dalam siaran langsung lewat kanal YouTube BNPB Indonesia, Senin (27/4).

Pada 6 Mei, pemerintah mulai menggunakan alat tes cepat molekuler (TCM) untuk menambah tes RT PCR. Pada 8 Mei, target itu nyaris tercapai. Angka spesimen baru yang dites mencapai 9.630 spesimen pada hari itu. Namun, setelah itu, jumlah spesimen baru belum pernah lebih tinggi lagi. Presiden Jokowi menyoroti kondisi ini.

"Saya baru mendapatkan laporan bahwa kemampuan pengujian spesimen untuk PCR sekarang ini sudah mencapai 4.000 sampai 5.000 sampel per hari. Saya kira ini masih jauh dari target yang saya berikan yang lalu, yaitu 10 ribu spesimen per hari," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/5).

Kini, 13 Mei 2020, usia target 10 ribu tes Corona yang dicanangkan Jokowi sudah berusia satu bulan. Akankah target itu tercapai?

Berikut ini jumlah tes Corona dan penambahan tes baru per hari, sebagaimana dihimpun detikcom dari data Kementerian Kesehatan RI:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3