Taufik Hidayat Sebut Kemenpora Banyak 'Tikus', Ini Respons KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 13:03 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK, Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK menanggapi penyataan mantan atlet bulutangkis, Taufik Hidayat, yang menyebut Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus dirombak total karena banyak 'tikus'. KPK mempersilakan Taufik melaporkan temuannya itu jika memang memiliki bukti yang cukup.

"KPK dalam menjalankan tugas pemberantasan korupsi tentu tidak lepas dari peran serta masyarakat. Oleh karena itu, jika yang bersangkutan mengetahui ada dugaan tindak pidana korupsi, silahkan laporkan kepada KPK dengan data yang dimiliki baik melalui Dumas maupun call center 198," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (13/5/2020).

"Selanjutnya KPK akan melakukan telaahan dan verifikasi lebih lanjut terhadap data tersebut," lanjutnya.

Kemudian terkait keterangan Taufik saat menjadi saksi di sidang lanjutan eks Menpora Imam Nahrawi, Ali mengatakan KPK akan mendalami lebih lanjut keterangan itu. Menurut Ali, pengembangan suatu perkara tindak pidana korupsi harus didasari bukti-bukti yang cukup.

"KPK tentu akan mengembangkan lebih lanjut terkait perkataan tersebut, sepanjang berdasarkan seluruh fakta-fakta hukum di persidangan setelah dilakukan analisa ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan pihak lain sebagai tersangka," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2